Sabtu, 16 Februari 2019

Memperhatikan Cara Menyusui Anak yang Benar Usia di Atas 2 Tahun


Cara menyusui yang benar pada sang buah hati memang wajib diperhatikan para ibu baru. Hal ini guna menekan risiko bayi tersedak hingga mengakibatkan kematian mendadak. Selain itu, menyusui yang benar akan membuat si kecil nyaman mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Pemberian ASI sendiri sebaiknya saat si kecil berumur satu jam hingga enam bulan. Setelah masa enam bulan terlewati, Anda bisa memberikan ASI hingga anak berusia 2 tahun. 

Namun, hal yang sering dikeluhkan kaum ibu adalah masa menyapih si kecil dari konsumsi ASI. Padahal, usia dua tahun merupakan rentang usia paling efektif untuk menyapih anak. Biasanya anak berusia dua tahun sudah mulai aktif bermain, belajar dan mengkonsumsi makanan orang dewasa termasuk pemberian susu formula pendukung. Nah, bagaimana kalau si kecil enggan berpaling dari ASI? Amankah memberikan ASI hingga ia berusia lebih dari dua tahun?

5 manfaat menyusui anak lebih dari dua tahun
Jika si kecil masih susah dipisahkan dari ASI, ibu tetap perlu melakukan cara menyusui yang benar. Tak perlu khawatir dengan dampak buruk dari pemberian ASI melebihi masa dua tahun, berikut manfaat ASI pada buah hati. 

1. ASI mampu memberikan nutrisi lengkap untuk anak
Dibandingkan jenis susu lain baik susu sapi perah atau susu bubuk, ASI memiliki kandungan nutrisi tertinggi sehingga baik untuk tumbuh kembang anak. Belum ada literatur ilmiah yang menyebutkan batasan usia untuk menyusui anak yang paling baik hingga saat ini. 

2. Meningkatkan sistem imun atau kekebalan buah hati
Manfaat yang paling baik dari memberikan asupan ASI selama dua tahun atau lebih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil lho! Bisa jadi saat si kecil mengalami sakit dan kehilangan nafsu makan, mengkonsumsi ASI hanya solusi terbaik agar ia tak kehilangan nutrisi terbaik. 

3. Mendekatkan ikatan baik dan menenangkan anak
Hubungan anak dan ibu memang begitu erat dan tidak bisa dipisahkan sehingga pemberian ASI akan semakin menjaga kualitas hubungan tersebut. Saat anak berusia dua tahun atau lebih yang sudah aktif berlari atau bermain bisa mendapatkan ketenangan batin dari menyusui langsung. 

4. Menekan risiko penyakit kanker
Hal yang perlu diketahui adalah menyusui anak lebih dari dua tahun bisa menekan risiko kanker pada para ibu. Ibu yang terus menyusui anak telah terbukti memiliki tingkat risiko kanker rendah dibandingkan dengan ibu non menyusui. Untuk jangka waktu menyusui yang lebih dari dua tahun, si ibu yang memiliki dua anak dengan rentang waktu kumulatif menyusui misalnya empat tahun akan terhindar dari risiko kanker ovarium dan kanker endometrium. 

5. Bisa menjadi solusi menurunkan berat badan alami
Kelebihan lain yang bisa Anda manfaatkan dari menyusui lebih dari dua tahun adalah memudahkan para ibu menjalankan program diet setelah masa hamil dan menyusui. Tentu cara menurunkan berat badan ini harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga ya!

Tips menyusui anak usia dua tahun yang aman
Agar Anda bisa meminimalisir kebiasaan anak menyusui di tempat umum, sebaiknya alihkan perhatian si kecil pada mainan atau camilan tertentu. Hal ini bisa Anda lakukan kalau tidak menemukan bilik menyusui di tempat publik. Memang menyusui anak usia dua tahun lebih tidak masalah selama Anda memiliki produksi ASI yang baik. Pasalnya, produksi ASI cenderung menurun seiring pertumbuhan si kecil lebih besar. 

Hal ini juga menyulitkan para ibu yang mungkin telah kembali bekerja. Ada baiknya tetap pertimbangkan pemberian nutrisi yang baik untuk si kecil. Kalau anak Anda masih sulit dipisah dari ASI, bisa memberikan asupan alami lebih dari dua tahun dengan cara menyusui yang benar. Tak perlu terlalu khawatir dan terburu-buru menyapih si kecil ya! Selama Anda rutin menggosok gigi anak, risiko si kecil terkena pembusukan gigi akibat menyusui bisa diminimalisir.


EmoticonEmoticon