Minggu, 03 Maret 2019

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional


Tanya Nahti - Sakit gigi bisa datang begitu menyiksa dan mengganggu para penderitanya. Rasa sakit yang menyerang, bahkan sampai mampu menghambat Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sudah pernah merasakannya? Tentu, amat menyakitkan!
  • Kondisi gigi yang sakit dapat dilandasi oleh beberapa hal, antara lain:
  • Penumpukan dan terjebaknya makanan di sela-sela gigi
  • Infeksi pada bagian akar gigi dan gusi.
  • Trauma pada bagian gigi, termasuk terjadinya benturan atau terkikisnya gigi.
  • Patahnya akar atau gigi.
  • Gigi yang sedang tumbuh menembus gusi.
  • Infeksi sinus yang menyebabkan sakit gigi.
Kerap mengabaikan sakit gigi? Jangan biasakan hal ini. Pasalnya, sakit gigi dapat mengundang gangguan kesehatan lain yang fatal seperti peningkatan risiko penyakit jantung koroner dan stroke sebesar 25 persen.

Demikian juga teruntuk para ibu hamil. Sakit gigi yang datang, konon dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dengan berat badan lahir rendah sebesar 18 persen. Tentu saja hal ini berbahaya dan tidak baik jika didiamkan terus-menerus.

Tak kuat menahan sakit gigi? Segera diobati dengan berbagai cara, salah satunya lewat metode alami atau tradisional. Sebagai rekomendasi, Anda dapat melakukan lewat cara berikut:

1. Berkumur Larutan Air Garam Hangat
Langkah ini tergolong sangat mudah. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air mendidih. Ketika suhu air turun dan cukup hangat untuk tidak sampai membakar lidah Anda, berkumurlah dengan campuran tersebut selama 30 detik.

Jika diperlukan, lakukan beberapa kali dalam sehari. Cara ini tak hanya dapat membersihkan mulut, tapi juga menghilangkan cairan dari gusi yang mungkin membuatnya bengkak. Cara ini ampuh karena garam dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh yang dapat membantu menyembuhkan radang.

2. Kompres Dingin Menggunakan Es Batu
Cara ini juga gampang untuk dilakukan. Balut es batu menggunakan handuk, lalu kompres di pipi atau sekitar area sumber nyeri dan tahan selama 10 menit. Anda dapat melakukan ini selama yang Anda mau, tapi pastikan jeda selama 10 menit sebelum mengompresnya lagi. Sensasi dingin diketahui dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit gigi.

3. Manfaatkan Khasiat Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh mengandung zat antiseptik, antiradang, dan antinyeri. Tak pelak, minyak cengkeh juga kaya akan eugenol, anestesi alami untuk rasa nyeri. Cara penggunaannya adalah meneteskan minyak cengkeh pada kapas steril bulat kecil, kemudian tempelkan kapas itu pada gusi dan gigi yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di apotek atau toko obat. 

4. Mengunyah Daun Sirih
Kebiasaan orang zaman dahulu mengunyah daun sirih, ternyata bermanfaat untuk tubuh. Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi.

Daun sirih dapat bermanfaat sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau tak sedap pada mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya lalu pakai dengan cara berkumur.

5. Konsumsi Berbagai Jenis Bawang
Beberapa jenis bawang seperti bawang merah dan bawang putih, dinilai ampuh mengatasi sakit gigi. Bawang merah memiliki kasiat antiseptik alami yang efektif membunuh kuman. Tumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Bawang putih juga memiliki khasiat serupa dengan bawang merah yang berguna sebagai antiseptik alami. Caranya  menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan satu sendok teh garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Dijamin ampuh!

Lima cara tradisional di atas, ampuh dalam mengatasi sakit gigi yang tengah dialami sekarang. Segera tangani sakit gigi, jangan biarkan kondisi tesebut menghambat aktivitas sehari-hari Anda.


EmoticonEmoticon