Senin, 18 Maret 2019

Inilah Resep Donat Empuk Buatan Sendiri Yang Rasanya Super Lezat


Resep donat empuk memang selalu dinantikan oleh anda yang hobi masak dan membuat kue. Siapa yang tidak kenal dan tidak tahu donat? Masyarakat Indonesia begitu suka dengan salah satu jenis kue berlubang di tengah dengan taburan gula halus atau coklat di atasnya ini. Sebenarnya ada banyak sekali variasi donat, ukuran, bentuk dan rasanya pun juga beragam. Tetapi kebanyakan orang Indonesia lebih mengenal kue donat dengan lubang ditengahnya.

Bagi anda yang hobi memasak dan membuat kue, tentu anda ingin tahu bukan bagaimana resep donat yang empuk, mengembang dan mempunyai rasa yang lezat. Meskipun cara membuatnya sangat simpel, tetapi rasanya tidak kalah lezat jika dibandingkan dengan donat yang dijual di toko-toko ternama. Di samping itu, ini juga bisa dipakai sebagai alternatif untuk menyajikan camilan sehat untuk keluarga. Bahkan bisa juga sebagai salah satu sumber penghasilan anda.

Panduan Resep Donat Empuk Paling Mudah Dibuat
Disamping disukai oleh anak-anak, ternyata kue lembut dan empuk yang bentuknya seperti roda dengan lubang yang ada di bagian tengah ini sudah menjadi makanan kesukaan bagi semua orang. Rasanya yang manis dan lezat ditambah dengan tekstur yang empuk dan lembut cocok sekali disajikan sebagai camilan untuk segala waktu. Terlebih lagi bila anda mencoba kue donat dengan bahan spesial yang agak sulit dicari di pasaran. Tapi bagi anda yang masih pemula, anda bisa mencoba resep donat yang sederhana dan mudah, bahannya pun bisa dibeli dan didapatkan di warung sekitar rumah anda.

Bahan Yang Dibutuhkan
Resep donat kali ini bahan utamanya adalah tepung terigu protein tinggi sekitar 500 gram. Anda dapat memakai tepung Cakra Kembar yang memiliki kualitas bagus. Agar hasilnya benar-benar empuk, terlebih dahulu saring tepung terigunya. Selain itu, diperlukan juga mentega 3 sendok makan, 2 butir telur ayam berukuran besar, air matang secukupnya atau sekitar 200 cc. Susu bubuk atau susu kental manis 3 sendok makan. Fermipan atau ragi instan 10 hingga 11 gram. Garam dapur sekitar 2 sendok teh, gula pasir 4 sendok makan dan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan.

Cara Membuat Donat Empuk
Setelah mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat donat dengan tekstur yang empuk ini, maka sekarang kita akan berlanjut ke bagaimana cara pembuatannya.

Proses pembuatannya cukup sederhana, ambil satu wadah yang besar untuk adonan utama. Pecahkan telur lalu di kocok sebentar, tak perlu memakai mixer. Anda bisa menggunakan sendok lalu masukkan susu bubuk atau susu kental manis, gula pasir, mentega dan garam ke dalam adonan. Aduk lagi semua bahan hingga rata, selanjutnya masukkan 500 gram tepung terigu dan aduk kembali agar semua bahan tercampur.

Di wadah lain, ambil 200 cc air lalu masukkan 10 hingga 11 gram fermipan dan aduk agar ragi instan larut dan bercampur dengan air. Kemudian setelah larut, masukkan ke dalam adonan tepung tadi. Aduk lagi dengan tangan atau diuleni hingga semua bahan benar-benar kalis. Setelah bahan kalis, diamkan adonan sekitar 20 sampai 25 menit dengan bagian atas wadah ditutup kain bersih. Agar ragi instan bisa merasuk ke dalam adonan dan adonan mengembang.

Ambil adonan yang telah didiamkan sebanyak 1 sendok, bentuk menjadi bulatan dan lubangi tengahnya dengan ujung jari. Diamkan lagi adonan sekitar 18 hingga 21 menit agar adonan benar-benar mengembang. Ulangi hingga semua adonan habis.

Siapkan penggorengan lalu beri minyak secukupnya. Goreng donat dalam minyak panas dengan api yang sedang. Goreng memakai sumpit agar hasilnya bagus dan lubang kecilnya terbentuk sempurna. Donat yang sudah digoreng bisa dihias dengan parutan keju, gula halus atau butiran coklat. Dengan demikian, resep donat empuk yang sudah diterapkan pengelolahannya, sudah bisa anda nikmati bersama dengan keluarga tercinta.


EmoticonEmoticon