Minggu, 14 April 2019

Jaga Style Mobil Dengan Cara Mencuci Mobil yang Benar

 
Mencuci mobil tidak boleh sembarangan. Meskipun sama-sama membersihkan, Anda haruslah melakukannya dengan benar. Cara mencuci mobil yang benar tidak akan membuat cat mobil Anda cepat kusam atau bahkan body mabel Anda baret.

Sekarang ini memang lebih mudah membawa mobil ke tempat cuci mobil untuk dibersihkan. Anda tinggal duduk manis menunggu dan mobil Anda bersih seketika. Tapi sering membawa mobil untuk dibersihkan di tempat cuci mobil juga tidak baik untuk pengeluaran Anda.

Mencuci Mobil Dengan Benar
Jika ada waktu luang atau pas akhir pekan Anda bebas jadwal, cucilah mobil Anda sendiri. Dengan mencuci mobil sendiri, Anda bisa memilih shampo terbaik. Kebersihan mobil pun bisa lebih terjamin dan Anda akan memperlakukannya dengan lebih hati-hati agar tidak baret. Tapi hasil tersebut bisa didapatkan jika Anda mencuci mobil dengan cara yang benar. Kalau asal-asalan, yang terjadi malah mobil Anda bisa rusak atau baret-baret. Sayang, kan? Untuk itu, baca dulu tips cara mencuci mobil yang benar berikut ini:

1. Bersihkan seluruh area mobil
Hal pertama yang Anda lakukan ketika mencuci mobil adalah membersihkan seluruh area mobil menggunakan air bersih tanpa shampo. Awali dengan membersihkan bagian bawah mobil yang biasanya lebih kotor karena lumpur dan tanah. Kemudian lanjutkan dengan mencuci bagian body mobil.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung karena air yang Anda siramkan bisa lebih cepat mengering dan memicu tumbuhnya jamur. Jadi pilihlah tempat yang teduh untuk mencuci mobil. Jika tidak ada, pilihlah waktu pagi atau sore hari ketika matahari masih belum terik.

2. Semprotkan air dengan benar

Jika Anda menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan mobil, sebaiknya hindari menyemprotkan air secara horizontal langsung ke depan. Kasian body mobil Anda. Anda perlu memiringkannya sedikit agar tekanannya sedikit berkurang. Agar kotoran cepat luruh, Anda bisa menyemprotkan air bertekanan tinggi dari arah atas sehingga kotoran langsung jatuh ke bawah.

3. Gunakan shampo khusus
Setelah mobil sudah dibersihkan dengan air, saatnya Anda memberinya shampo agar lebih bersih dan mengkilap. Anda perlu memilih shampo yang tepat. Gunakan shampo yang memang dikhususkan untuk mobil. Jangan gunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan mobil Anda.

Pemilihan shampo juga perlu mempertimbangkan kadar PH di dalamnya. Pemilihan shampo dengan PH yang pas bisa mengurangi penyebab karat di bodi mobil Anda. Selain itu, pemilihan shampo yang pas juga bisa mencegah cat mobil Anda cepat kusam dan rusak.

4. Hilangkan kotoran membandel dengan ini
Jika ada kotoran membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan shampo, Anda tidak perlu menggosoknya terlalu keras. Gunakan claying untuk membersihkannya. Tapi Anda tidak boleh menggunakannya terlalu banyak dan terlalu sering karena sifatnya yang sangat abrasif dalam mengangkat kotoran dan akan mengikis lapisan pernis mobil.

5. Gunakan lap yang lembut

Jika sudah selesai semuanya, saatnya Anda mengeringkan. Cara mencuci mobil yang benar harus pula disertai dengan cara mengeringkan yang benar. Pilih lap dari bahan yang lembut. Anda bisa menggunakan handuk berbulu. Jika Anda memiliki kanebo, sebaiknya tidak digunakan karena sebenarnya kanebo terbuat dari material kasar.

Nah, itulah 5 cara mencuci mobil yang benar. Jika Anda belum pernah mencuci mobil sendiri, sebaiknya Anda lakukan sesekali ketika memiliki waktu luang. Karena Anda yang memiliki mobil, Anda pula yang lebih tahu tentang kondisi mobil Anda yang sebenarnya. Jadi, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon