Senin, 09 September 2019

Sistem Kerja Telinga Sebagai Indra Dengar


Mengatasi gangguan pada pendengaran bisa disesuaikan pada tingkat keparahannya. Namun jika tingkat gangguan lebih besar dan mendekati tuli, maka penderita tidak bisa disembuhkan melalui cara medis, melainkan bisa menggunakan alat bantu dengar. Dari sekian banyaknya tipe dan nama alat bantu dengar yang ada di pasaran, tentunya akan membuat Anda merasa kebingungan ketika memilihnya.

Cara kerja telinga cukuplah ringkih, khususnya pada bagian telinga dalam. Sebab itu, jika Anda mendengarkan suara yang sangat keras, maka hal ini akan berpengaruh pada indra pendengaran Anda. Hal terparah yang dapat dialami yaitu mengalami kehilangan pendengaran secara permanen. Hindari juga mengunjungi tempat yang memiliki suara keras, seperti konser musik, club, pabrik atau lainnya.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana sistem kerja dari telinga, simak ulasan berikut ini mengenai cara kerja telinga sebagai indra pendengaran, yaitu:
  • Anda bisa melihat dari segi bentuk daun telinga, bentuk inilah yang memiliki kegunaan sebagai pengumpil gelombang suara serta sebagai penyalur telinga sampai dengan ujung gendang telinga.
  • Gelombang suara inilah yang nantinya akan menggetarkan bagian gendang telinga maupun tiga tulang telinga yang ada di bagian tengah. Setelah itu getaran akan dihantarkan untuk menuju ke relungan di bagian dalam, yaitu seperti kantong yang berisi dengan cairan balutan tulang.
  • Telinga juga dapat membedakan antara jenis suara yang berbeda, hal ini dikarenakan adanya sistem limbik, sehingga menjadikan otak bisa menentukan pada suara mana saja yang perlu untuk diperhatikan dan suara mana yang perlu diabaikan. Contohnya saja, orang tua yang akan menghampiri anaknya ketiak sedang menangis, dan akan mengabaikan anak ketika mendengar suara anaknya bermain.
  • Kita memiliki dua telinga yang bermanfaat untuk mencari sumber dari suara, sedangkan telinga tidak akan mendengarkan sura melalui kedua telinganya.
  • Otak hanya bisa mengerti pada satu informasi saja pada satu waktu yang bersamaan.
  • Kedua telinga lebih cenderung digunakan untuk mendengarkan suara stereo, sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika mendengarkan suara yang cukup keras, karena hla ini bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.
Suara yang keras bisa menimbulkan kerusakan pada organ pendengaran dan hal ini bisa menimbulkan gangguan pendengaran. Sebab itu, menjaga sistem pendengaran harus dijaga dengan sebaik mungkin. Selain itu, melalui informasi cara kerja telinga seperti di atas bisa menambah ilmu pengetahuan Anda seputar indra pendengaran yang dapat mendengarkan jenis suara apapun.


EmoticonEmoticon